Saturday, September 21, 2024
spot_img
HomeNewsNasionalKisah di Balik Pemberian Gelar Kehormatan Jenderal Bintang 4 untuk Prabowo Subianto

Kisah di Balik Pemberian Gelar Kehormatan Jenderal Bintang 4 untuk Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, diberi gelar kehormatan Jenderal Bintang 4 (HOR) oleh Presiden Joko Widodo dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Jakarta, pada Rabu (28/22024). Pemberian gelar prestisius ini sebagai pengakuan atas dedikasi dan sumbangan Prabowo bagi Indonesia, terutama di bidang militer dan pertahanan.

Usut punya usut, Dahnil Anzar Simanjuntak, juru bicara Menteri Pertahanan, menjelaskan ternyata kisah usulan kenaikan pangkat untuk Prabowo sebenarnya telah diajukan oleh pihak TNI dua tahun lalu, namun ditolak oleh Prabowo sendiri.

“Pak Prabowo merasa belum melakukan banyak hal bagi TNI, pertahanan, dan militer, sehingga dia menyatakan ‘saya belum siap menerima usulan kenaikan pangkat istimewa tersebut’,” ungkap Dahnil dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu (28/2/2024).

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, menyatakan bahwa gelar kehormatan yang diberikan kepada Prabowo adalah penghargaan yang pantas atas prestasi yang telah diraihnya selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

“Menhan Prabowo Subianto bukanlah sosok baru dalam dunia pertahanan Indonesia, banyak prestasi yang telah diraihnya sejak menjadi Prajurit TNI hingga Menteri Pertahanan RI. Oleh karena itu, Pak Prabowo Subianto layak mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan dari Presiden Joko Widodo,” kata Meutya.

Meutya menjelaskan bahwa pemberian gelar Jenderal Kehormatan kepada Menhan Prabowo bukanlah keputusan tiba-tiba, melainkan sudah menjadi pembicaraan sejak beliau dilantik sebagai Menhan pada tahun 2019, dan telah melalui proses verifikasi yang teliti.

Beberapa prestasi Prabowo Subianto antara lain, modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI), seperti pengadaan Pesawat Tempur Rafale dan penyerahan pesawat Super Hercules C130J. Prabowo juga meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pertahanan, termasuk pembangunan fasilitas dan peningkatan ilmu pengetahuan di Universitas Pertahanan (Unhan), perluasan Akademi Militer (Akmil), serta rencana perluasan SMA Taruna Nusantara di berbagai provinsi.

Sebelumnya, Menhan Prabowo Subianto telah dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama oleh Presiden RI Joko Widodo pada Januari 2022 setelah melewati proses pengusulan, verifikasi, dan pertimbangan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Selain itu, beberapa Tanda Jasa dan Gelar Kehormatan yang telah diterima Prabowo Subianto antara lain: Bintang Kartika Eka Paksi Naraya, Bintang Yudha Dharma Naraya, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya Lencana Seroja Ulangan III, Satya Lencana Raksaka Dharma, Satya Lencana Dwija Sistha, Satya Lencana Wira Karya, Paladin Medal of Honor (Kamboja), Commandeur de l’Ordre National du Mérite (Perancis), dan Penghargaan militer Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments