Saturday, September 21, 2024
spot_img
HomeNewsNasionalBalik Arah, Golkar Resmi Usung Airin-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024

Balik Arah, Golkar Resmi Usung Airin-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024

NawaBineka – Partai Golkar resmi mengumumkan dukungannya untuk pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Banten 2024.

Pengumuman ini sekaligus membatalkan dukungan Golkar sebelumnya kepada pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah, yang sempat diusung oleh beberapa partai, termasuk Gerindra. Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, di Kantor DPP Golkar pada Selasa (27/8/2024).

Baca Juga: BMKG: Gempa M5,5 yang Guncang Yogyakarta Efek Deformasi di Zona Megathrust

“Hari ini Golkar memberikan B1KWK kepada pasangan calon Gubernur Provinsi Banten yaitu Ibu Airin dari Golkar dan wakilnya yaitu Pak Ade Sumardi,” ujar Bahlil.

Keputusan ini menandai kembalinya dukungan Golkar kepada Airin, setelah sempat berpindah haluan di bawah kepemimpinan Bahlil. Menurut Bahlil, sosok Airin adalah pilihan yang tepat untuk diusung maju di Pilkada Banten, mengingat kedekatannya dengan partai.

“Airin adalah anak kandung Golkar. Sebagai ibu, rasanya tidak pas kalau kemudian tidak diantarkan untuk kompetisi,” ungkap Bahlil, menekankan bahwa keputusan ini juga dipengaruhi oleh sejarah panjang Airin dengan Golkar.

Sebelumnya, Airin yang merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan, sempat batal diusung oleh Golkar di bawah kepemimpinan baru. Pergantian pengurus DPP Golkar dari Airlangga Hartarto ke Bahlil Lahadalia membawa perubahan signifikan dalam strategi politik partai.

Pada era Airlangga, Golkar sempat mendorong Airin untuk maju, namun Bahlil sempat memilih mendukung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah. Namun, tanpa dukungan dari Golkar, Airin memilih untuk maju melalui PDIP dengan menggandeng Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi.

Baca Juga: Sejarah Bakso di Indonesia, Awalnya Dikenal dengan Nama “Rou Wan”

Langkah ini menunjukkan tekad Airin untuk tetap berkompetisi di Pilkada Banten 2024, meskipun sempat kehilangan dukungan partai yang membesarkannya. Dengan kembalinya dukungan Golkar kepada Airin, peta politik Pilkada Banten 2024 semakin menarik, mengingat persaingan yang ketat dan perubahan dukungan partai yang terjadi menjelang pemilihan.

Airin, yang memiliki pengalaman luas dalam pemerintahan, diharapkan mampu menarik simpati pemilih Banten, didukung oleh kekuatan politik Golkar yang kembali bersatu di belakangnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments