Saturday, September 21, 2024
spot_img
HomeNewsNasionalPresiden Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka yang Bertugas di IKN

Presiden Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka yang Bertugas di IKN

NawaBineka – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), secara resmi mengukuhkan sebanyak 76 putra-putri terbaik Indonesia dari 38 provinsi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), pada Selasa (13/08/2024).

Mereka akan bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Baca Juga: Anggaran IKN Naik Jadi Rp42,5 Triliun, Kemenkeu Beberkan Alasannya

Pengukuhan oleh Presiden Jokowi

Dalam upacara yang khidmat, Presiden Jokowi bertindak sebagai pembina upacara dan secara resmi mengukuhkan para anggota Paskibraka.

“Dengan memohon rida Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan ini saya kukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka tingkat pusat tahun 2024, yang akan bertugas di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan menjalankan tugas negara,” ucap Presiden Jokowi.

Sebagai tanda pengukuhan, Presiden Jokowi secara simbolis menyematkan lencana kepada pemimpin upacara, menandai para putra-putri tersebut sebagai anggota resmi Paskibraka yang akan membawa tugas besar pada upacara kenegaraan mendatang.

Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke IKN Nusantara. (Foto: X@jokowi)
Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke IKN Nusantara. (Foto: X@jokowi)

Ikrar Putra Indonesia

Sebelum dikukuhkan oleh Presiden Jokowi, para anggota Paskibraka terlebih dahulu mengucapkan Ikrar Putra Indonesia, yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

Baca Juga: Selebgram Cut Intan Nabila Jadi Korban KDRT, Unggah Video Mengejutkan di Media Sosial

Pemimpin upacara, Violetha Agryka Sianturi, perwakilan dari Sumatra Utara, dengan penuh khidmat memegang Bendera Merah Putih di dada kirinya saat mengucapkan ikrar.

Ikrar tersebut menegaskan komitmen para anggota Paskibraka untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, serta menjadi generasi penerus perjuangan kemerdekaan dengan menjunjung tinggi akhlak dan integritas.

“Ikrar Putra Indonesia
Aku mengaku putra Indonesia.
Dan berdasarkan pengakuan itu, aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber padanya.
Aku mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
Aku mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.
Aku mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila, dan satu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa.
Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan ihsan menurut rida Tuhan Yang Maha Esa.
Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah-Nya serta inayah-Nya,” demikian bunyi Ikrar Putra Indonesia.

Upacara Pengibaran Bendera di Ibu Kota Nusantara

Pada 17 Agustus 2024, upacara pengibaran bendera HUT ke-79 Republik Indonesia akan menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur. Ini menandai langkah penting dalam transisi pusat pemerintahan Indonesia ke Nusantara.

Baca Juga: Ketika Teknologi AI Merambah ke Sepeda Motor Listrik

Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke IKN Nusantara. (Foto: X@jokowi)
Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke IKN Nusantara. (Foto: X@jokowi)

Upacara kenegaraan ini akan berlangsung di Istana Negara yang baru, yang terletak di jantung IKN. Para Paskibraka yang telah dikukuhkan akan menjalankan tugas mulia mereka di depan para pejabat negara, tamu undangan, dan masyarakat yang akan menyaksikan langsung maupun melalui siaran televisi.

Pindahnya upacara kenegaraan ke IKN bukan hanya simbol dari perpindahan ibu kota, tetapi juga representasi dari harapan baru dan semangat persatuan yang diusung oleh pemerintah Indonesia. Kesiapan infrastruktur dan persiapan matang dari berbagai pihak memastikan bahwa upacara ini akan berjalan dengan khidmat dan sesuai tradisi yang telah lama dijaga.

Ucapan Selamat dari Presiden dan Kabinet

Setelah prosesi pengukuhan, Presiden Jokowi bersama dengan para Menteri Kabinet Indonesia Maju memberikan ucapan selamat kepada para anggota Paskibraka. Mereka berbincang dengan para anggota, memberikan dukungan dan semangat untuk menjalankan tugas besar yang akan datang.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam upacara tersebut antara lain Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Upacara pengukuhan ini menandai kesiapan para Paskibraka untuk mengemban tugas istimewa pada peringatan kemerdekaan Indonesia di lokasi baru yang bersejarah, memperlihatkan semangat patriotisme dan dedikasi generasi muda dalam menjaga simbol-simbol kebangsaan.

Baca Juga: Tips Sehat Agar Terhindar dari Risiko Batu Ginjal

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments