Saturday, September 21, 2024
spot_img
HomeTechnoNokia Bakal Comeback: Siap-Siap Luncurkan Teknologi yang Merubah Masa Depan Ponsel

Nokia Bakal Comeback: Siap-Siap Luncurkan Teknologi yang Merubah Masa Depan Ponsel

NawaBineka – Raksasa ponsel asal Finlandia, Nokia yang dikenal sebagai merek sejuta umat pada eranya bakal comeback ke industri ponsel. Bukan meluncurkan ponsel baru, melainkan memperkenalkan teknologi panggilan telepon yang bikin masa depan ponsel bakal berubah total.

Teknologi itu disebut sebagai audio dan video imersif. Ini akan meningkatkan kualitas panggilan dengan suara tiga dimensi berbeda.

Baca Juga: Buka PRJ 2024, Jokowi Sebut Event Ini Sudah Dinanti Masyarakat

Dikutip Reuters, sifat panggilan saat ini adalah monofonik yang menyebabkan interaksi via telepon tidak mirip dengan suara asli. Elemen audio ponsel menjadi lebih sayu dan terdengar datar.

Nokia menyatakan interaksi akan lebih hidup karena teknologi baru yang akan segera mereka perkenalkan. Jadi, penelepon seperti berada di tempat yang sama seperti penerima telepon saat panggilan dilakukan.

CEO Nokia Pekka Lundmark mengklaim teknologi yang dimilikinya sebagai masa depan panggilan suara.

“Kami menunjukkan masa depan panggilan suara,” ucap Lundmark, Kamis (13/6/2024).

Baca Juga: Thiago Motta Resmi Jadi Pelatih Juventus

Ilustrasi Nokia. (foto: time4changepsychitherapy.co.uk)
Ilustrasi Nokia. (foto: time4changepsychitherapy.co.uk)

Sedangkan Presiden Nokia Technologies Jenni Lukander menerangkan, teknologi yang dihadirkan akan jadi lompatan besar dibandingkan teknologi monofonik.

“Ini jadi lompatan terbesar dari pengalaman panggilan suara sejak diperkenalkannya audio telepon monofonik yang digunakan pada smartphone dan PC sekarang,” ungkap Lukander.

“Hal ini jadi standar, jadi penyedia jaringan, produser handset mulai menerapkan pada produk mereka,” sambungnya.

Baca Juga: Gibran Komentari Wacana Duet Anies-Kaesang di Pilgub DKI Jakarta: Bagus Itu!

Teknologi suara tiga dimensi juga dapat digunakan saat melakukan panggilan grup. Jadi, suara peserta bisa dipisahkan berdasarkan lokasi spasialnya.

Dalam demonya, panggilan telepon dengan teknologi Nokia dilakukan dengan HP biasa yang didukung jaringan 5G. Teknologi itu juga jadi bagian dari standar 5G Advanced.

Nokia berusaha mendapatkan lisensi teknologi terbarunya. Reuters mencatat, kemungkinan butuh waktu lama untuk hal tersebut jadi masih beberapa tahun lagi hingga teknologi panggilan telepon itu tersedia secara publik.

Baca Juga: Bikin Bangga! Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal RI Ternyata Salip AS hingga Jepang

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments