Saturday, September 21, 2024
spot_img
HomeLifestyleHealthAnalisa Ahli Onkologi Tentang Kanker yang Diidap Kate Middleton

Analisa Ahli Onkologi Tentang Kanker yang Diidap Kate Middleton

NawaBineka Kate Middleton baru-baru ini mengumumkan kondisi kesehatannya melalui tayangan video yang diunggah di media sosial. Istri Pangeran William itu mengumumkan mengidap kanker usai menjalani operasi perut pada Januari 2024.

Namun, ibu 3 anak itu tak mengungkapkan jenis kanker apa yang diidapnya. Dia hanya mengatakan sedang menjalani perawatan prventif salah satunya kemoterapi.

Baca Juga: Dirumorkan Hilang, Kate Middleton Umumkan Idap Kanker dan Jalani Kemoterapi

Foto Kate Middleton Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis pada Hari Ibu mendadak heboh karena ketahuan editan. (Instagram/@princeandprincessofwales)
Foto Kate Middleton Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis pada Hari Ibu mendadak heboh karena ketahuan editan. (Instagram/@princeandprincessofwales)

Sejumlah dokter berbagi teori tentang potensi dan asal mula penyakit yang dialami Kate Middleton. Salah satunya, Marc Siegel, profesor kedokteran klinis di NYU Langone Medical Center dan kontributor medis Fox News.

Siegel mengaku sudah berbicara dengan banyak dokter kanker tentang kemungkinan asal mula diagnosis kanker yang diidap Kate Middleton berdasarkan informasi yang tersedia sebelumnya.

“Menurut beberapa ahli onkologi terkemuka yang saya ajak bicara, kemungkinan besar dia mengidap kanker usus besar yang telah diangkat dan disembuhkan melalui pembedahan, atau kanker ovarium, rahim, atau serviks dini yang ditemukan secara tidak sengaja,” ucapnya dikutip dari Fox News.

Tahun sebelumnya, Kate Middleton dilaporkan mengidap Crohn, penyakit radang usus kronis yang memengaruhi lapisan saluran pencernaan.

Menurut Siegel, penyakit radang usus meningkatkan risiko kanker usus besar atau kanker usus. Bahkan sebagian besar pasien Crohn memerlukan pembedahan untuk meringankan gejalanya.

“Dia mungkin saja menjalani operasi usus untuk mengatasi Crohn dan mereka kemudian menemukannya melalui patologi. Operasi semacam itu juga akan menjelaskan waktu pemulihan yang lebih lama,” jelas Siegel.

Baca Juga: Kolaborasi Brand Lokal Diana Restu dengan Influencer Mega Iskanti Ciptakan Celana Jeans Auto Slim

Princess of Wales, Kate Middleton muncul secara langsung di hadapan publik dan mengumumkan mengidap kanker. (Instagram/@princeandprincessofwale)
Princess of Wales, Kate Middleton muncul secara langsung di hadapan publik dan mengumumkan mengidap kanker. (Instagram/@princeandprincessofwale)

Sehingga, kemoterapi yang dijalani Kate Middleton kemungkinan besar untuk kanker usus besar atau kanker usus yang mencakup Oxiplatin (intravena) dan Xeloda (oral) selama beberapa pekan.

Tindakan operasi bisa berupa histerektomi apabila Kate Middleton mengidap kanker ovarium. Kista ovarium juga dapat terlihat pada pencitraan rutin dan dapat diangkat melalui laparoskopi, dan diagnosis kanker sering kali ditemukan kemudian.

Namun, menurut Siegel, apabila Kate Middleton mengidap kanker ginekologi atau kanker yang menyerang organ reproduksi wanita, terdapat kondisi yang bertentangan dengan hal tersebut. Sebab, tidak terlihat adanya tanda-tanda kerontokan rambut pada Kate Middleton.

Siegel menambahkan, pasien kanker ginekologi biasanya menjalani kemoterapi menggunakan Taxol, yaitu pengobatan intravena utama untuk kanker tersebut yang biasanya memicu kerontokan rambut. Sedangkan, kemoterapi yang diberikan untuk kanker usus besar stadium awal tidak secara rutin dapat menyebabkan rambut rontok.

Dalam videonya, Kate Middleton menyatakan, telah memulai pengobatan “kemoterapi preventatif”. Siegel berharap prognosis atau proses pemulihan Kate Middleton berjalanlancar.

“Kabar baiknya adalah dia menggunakan kata ‘pencegahan’, yang berarti kanker telah diangkat secara keseluruhan, mungkin melalui reseksi usus, dan kemoterapi diberikan untuk meningkatkan kemungkinan tidak kambuh lagi,” tutur Siegel.

Terakhir, Siegel mengajak masyarakat menghormati privasi Kate Middleton dan keluarganya, serta menunjukkan kasih sayang dan empati utuk kesembuhannya.

Baca Juga: Agak Laen! Teuku Ryan Minta Hak Asuh Anak hingga Biaya Nafkah Anak ke Ria Ricis

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments